Kecamatan Medan Belawan

Kecamatan Medan Belawan akan mendapatkan Raskin Award. Penghargaan dalam kategori penyaluran beras rakyat miskin (raskin) ini diberikan karena, kecamatan ini satusatunya kecamatan yang tidak memiliki masalah pembayaran dan penyaluran beras bersubsidi itu.

“Selain itu,penyalurannya juga tepat jumlah, tepat harga, tepat sasaran, tepat administrasi,dan tepat kualitas dalam penyaluran raskin setiap bulan,” ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Pemko Medan Harmes Joni saat memimpin rapat evaluasi penyaluran raskin Oktober 2010 di Kantor Wali Kota,kemarin. Sementara itu, kata Harmes,20 kecamatan lainnya masih menunggak pembayaran untuk penyaluran raskin Oktober 2010.

Pemko Medan memberikan tenggat waktu 12 hari ke depan agar mereka segera melunasi tunggakannya. “Sementara untuk penyaluran raskin November adalah penyaluran terakhir dan akan dilakukan pada Desember 2010 ini. Kita berharap dapat selesai tepat waktu,”ujar Harmes. Dalam kesempatan itu,Harmes juga menjelaskan bahwa Kota Medan mendapatkan Raskin Award dari Bulog Divre Provinsi Sumatera Utara,namun hanya juara III.

Kata dia,harusnya Medan mendapatkan posisi pertama untuk penghargaan itu. Sebab, penyaluran raskin di Medan mencapai 1.187.040 kg per bulan. Jumlah penerimanya mencapai 79.136 KK. “Tapi yang menjadi juara I adalah Kota Tanjung Balai yang hanya punya enam kecamatan dan jumlah raskin yang disalurkan sekitar 100 ton per bulan,” ungkapnya.

Operasi Pasar

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama,Kepala Divisi Regional Bulog Kota Medan Parluhutan Silitonga menjelaskan, Bulog Sub Divre Medan akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Medan melakukan operasi pasar untuk menyikapi kenaikan harga beras pada saat ini cukup tinggi. Dia berharap seluruh kecamatan se-Kota Medan segera dapat menyalurkan raskin pada putaran terakhir untuk meredam kenaikan harga. “Sebab dengan adanya penyaluran raskin sekitar 1.000 ton lebih akan dapat mempengaruhi harga pasar,”ujar Parluhutan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel